You are currently viewing Simulasi Pernikahan Dalam Islam

Simulasi Pernikahan Dalam Islam

Pada tanggal 16-18 November 2022 para siswa/siswi melaksanakan kegiatan praktik simulasi pernikahan dalam islam. Kepala Sekolah SMKN 1 Murung Pudak sangat mendukung kegiatan tersebut. Ujian praktik nikah itu masuk dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam ujian ini siswa harus mampu melakukan adegan akad nikah sesuai dengan syariat.

Prosesi pernikahan terlihat profesional dengan menunjukkan rincian persiapan yang harus pengantin wanita lakukan, untuk pengaturan acara pernikahannya. Dalam praktik pernikahan ini, pengantin benar-benar didandani mengenakan kebaya pengantin adat banjar. Lengkap pula dengan ronce siger dan bunga melati. Begitu juga dengan mempelai pria yang memakai baju pengantin terlihat serasi. Bahkan, keluarga kedua mempelai dan para tamu yang hadir juga terlihat sangat totalitas. 

Memasuki momen ijab kabul dalam ujian praktik nikah, adegan ini terlihat seperti nyata dengan pemeran pengantin laki-laki yang begitu luwes saat melakukan adegan pernikahan ini. Bahkan sesekali pengantin pria terlihat sangat gugup saat duduk dekat mempelai wanita.

Setelah pernikahan dinyatakan sah, kedua mempelai dipertemukan. Mereka juga terlihat menandatangani surat nikah dan memasangkan cincin ke jari masing-masing.

Tinggalkan Balasan